Kata kata Bijak tentang Bohong'

Seorang yang hidup ditengah lingkungan masyarakat yang baik dan kondusif, maka prilaku dan pola kehidupannya pun akan menjadi baik. Sifat amanah, jujur, menepati janji, dan nilai nilai moral, sosial, dan mental yang positif akan tertanam dalam kepribadiannya.
Adapun peranan orang tua yang terabaikan, konflik rumah tangga, pertumbuhan dan pengasuhan anak yang kurang, bisa memunculkan berbagai problematika, khususnya problematika kebohongan dalam sebuah keluarga.
Bohong atau dusta dianggap sebagai penyakit prilaku ( behavioral disturbance ), manakala ia berubah menjadi kebiasaan yang mengakar dan karakter yang menancap kuat dalam pribadi seseorang. Sehingga saat berinteraksi dengan orang lain, dia selalu bersembunyi dibalik kebohongannya.
" Ketika mulut ini terbiasa mengucapkan sesuatu, maka kita tidak lagi mengenal baik buruknya sesuatu tersebut ".
" Jika seorang pembohong terkenal akan kebohongannya, maka dia tidak akan dipercaya dalam hal apapun meskipun sebenarnya dia jujur ".
" Diantara penyakit yang menimpa tukang bohong adalah lupa akan kebohongannya, sebaliknya seorang yang menjaga prilakunya dengan kejujuran, pasti akan mewaspadai kebohongannya ".
" Kejujuran akan menyelamatkanmu meskipun kamu menyembunyikannya, dan kebohongan akan menjerumuskanmu meskipun kamu menyembunyikannya ".
" Tidak ada yang mampu melenyapkan kewibawaan dan kebaikan seseorang kecuali prilaku bohong ".
Pembohong adalah salah satu karakter seseorang yang dibenci. Di mata saudara saudaranya, dia akan kehilangan kepercayaan dan kehormatannya. Mereka tidak mau lagi menerima kehadirannya. Sang pembohong benar benar telah kehilangan berkah dan kebaikan hidupnya.

Kondisi bisa semakin parah saat kebohongan menjadi menu keseharian dan terus berkelanjutan sampai akhir hayat seseorang. Pada saat demikian, maka kebohongan harus segera diatasi, karena memiliki hubungan kuat dengan prilaku yang bertentangan di masyarakat : Permusuhan, pencurian, penipuan, provokasi,dan perkara lain yang menghancurkan, baik induvidu maupun masyarakat sama saja.
Dari 'Aisyah Ummul Mu'minin berkata. " Tidak ada prilaku yang paling dibenci Rasulullah selain berbohong ". ( HR Ahmad )
'Umar bin Khaththab berkata, " Kejujuran yang membuatku terhina, itu lebih aku cintai daripada kebohongan yang membuatku terhormat ".
Betapa mempesonanya hidup jika kejujuran menghiasi setiap letup perkataan dan perbuatan kita. Negara akan maju karena para pemimpinnya jujur dengan amanat yang mereka emban dari rakyatnya. Keharmonisan rumah tangga terjaga, karena suami atau istri bebas dari dusta, tidak ada peluang menghianati pasangannya. Orang tua dan anak saling membahu, karena tidak ada kedustaan yanga menghalangi. Pembeli dan penjual bersama merasakan kenyamanan dan keridhaan,kekhawatiran kecurangan menghilang dari mereka.
"Hidup Tanpa Dusta" Group Maghfirah pustaka.

Artikelnya tidak bisa di download disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jelajahi lebih dalam.!

Senyum | Unik | Mystery | Peristiwa | Spektakuler | Fenomena | Artikel | Alam