Jembatan Akar- Botani ARSITEKTUR

  Rumah anda suatu waktu tumbuh satu kursi....

Tanaman yang mengagumkan, mereka bisa jadi obat obatan,makanan,udara,bahan bangunan,perabot dan seni.
Tetapi ada juga tanaman yang hidup alami membentuk dirinya sendiri menjadi jembatan, meja, tangga, kursi, patung bahkan bangunan. Di sebut sebagai botani Arsitektur.



Tampaknya konsep ini kembali ke jaman prasejarah. Mungkin contoh tertua adalah Jembatan hidup yang di beri nama " Cherra Punjee " di India.
Di kedalaman timur laut India,dimana tempat itu adalah tempat paling basah di bumi. Tidak ada Jembatan yang dibangun disitu. Mereka membentuk secara alami.




 Root Bridges of India
Tumbuh dari akar pohon Karet. Orang Khasis menggunakan Cherra Punjee- batang pohon sirih diiris ketengah dan cekung.

 



ketika rambatan  sampai di bibir sungai , maka akarnyapun menembus kedalam tanah dan memerlukan waktu yang lama untuk menjadi kokoh. Secara alami jadilah Jembatan Hidup.
Root Bridges memiliki panjang lebih dari 100 kaki, memakan waktu 10 sampai 15 tahun untuk bisa dimanfaatkan sepenuhnya sebagai Jembatan. kekuatannya bisa menahan beban 50 orang dewasa atau lebih.




 Salah satu yang paling Unik dari akar Cherrapunjee adalah:

" Double-Decker Umshiang Root Bridge "










Jembatan ini dari waktu ke waktu akar nya semakin kokoh. Masih ada dan di gunakan sehari hari oleh penduduk sekitar Cherrapunjee. di perkirakan sudah digunakan lebih dari 500 tahun....ck ck ck...

The Chair That Grew

Pada tahun 1903 , Krubsack memuji ahli kayu yang telah membuat 'beechwood' sebuah kursi.si tukang salah tingkah setelah  Krubsack mengatakan:" Sialan suatu hari kelak akan tumbuh perabot yang lebih baik dan kuat dari perabot yang di buat oleh tangan manusia." Limabelas tahun berselang dia dapatkan perabot yang setiap sendi di kursinya di buat oleh tumbuhan itu sendiri secara alami.


Meskipun banyak iklan menawarkan supaya kursinya terkenal, Krubsack menolak untuk menjual. Keponakannya akan memajang di toko furniture " The"Chair That Grew". dekelola oleh Krubsack keturunan. Ini terakhir terlihat di pintu masuk Noritge Furnitur.






************





3 komentar:

  1. Hanya satu kata : luar biasa. Saya baru tau ada jembatan hidup seperti ini...Salut untuk Sobat yang bisa dapat informasi seperti ini. Gambar2nya juga sangat indah...

    BalasHapus
  2. Terimakasih, saya merasa tersanjung..dan semoga Lina@... bisa shere informasi.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Jelajahi lebih dalam.!

Senyum | Unik | Mystery | Peristiwa | Spektakuler | Fenomena | Artikel | Alam