Kolam Renang Paling Unik di Dunia

Gerakan arsitektur modern saat ini terlihat semakin gencar merambah semua sudut kota di seluruh dunia. Konsep arsitektur modern yang lebih menekankan pada olah pikir-bukan olah rasa seperti yang ditemui pada jenis arsitektur lama-mulai terlihat menonjol mewarnai jagat properti dunia.

Salah satu hasil karya arsitektur modern yang terlihat mencolok saat ini adalah pembangunan resor terpadu Marina Bay Sands di Singapura. Resor yang dibangun oleh arsitek Moshe Safdie ini terlihat membentang di sepanjang The Marina Bay Waterfront.

 situs
Marina Bay Sands adalah salah satu resort terpadu yang dibangun dengan gaya arsitektur modern oleh arsitek Moshe safdie. Integrasi fasilitas dalam satu bangunan ini tidak menjadikan Marina Bay Sands kaku dan terkesan keras.

Moshe Safdie dan timnya mengimplementasikan gaya form follows function atau bentuk yang mengikuti fungsi, yang menjadi salah satu ciri khas arsitektur modern. Dibangun dengan biaya 5,7 miliar dolar Marina Bay Sands diklaim sebagai tempat paling unik di dunia. “Marina Bay Sands adalah konsep kasino, resort, dan convention center,” kata CEO Sands Las Vegas operating officer Michael A. Leven kepada Liputan6.com.

Marina Bay Sands memiliki tiga menara ekslusif setinggi 200 meter yang dihubungkan dengan menara Sands Sky Park. Dari atas ketinggiannya, pengunjung bisa memandang secara utuh Kota Singapura. Bangunan Sky Park kini menjadi bangunan tertinggi di Negara Singa. Selain Sky Park, Marina Bay Sands memiliki 2500 kamar hotel, dan ruang pameran yang mampu menampung hingga 4500 delegasi. Ikon wisata yang dibangun dengan biaya US$ 5,7 miliar, Las Vegas Sands Corporation selaku pemilik resor ini menargetkan investasinya kembali dalam lima tahun.Nah Ini poto poto skypark di Marina Bay Sands yang spektakuler.






Taman gantung ini berdiri megah dan spektakuler pada ketinggian 200 meter di atas pemukaan tanah. Sands SkyPark yang luasnya mencapai 1,2 hektare di dalamnya memuat fasilitas restoran, kolam renang sepanjang 150 meter, 250 jenis pohon, dan 650 jenis tanaman, dan dek observasi publik yang model gravity-defying kantilever-nya merupakan salah satu yang terbesar dari jenisnya di dunia.

Keajaiban arsitektur lainnya adalah rancangan taman gantung yang sekaligus menjadi atap dari tiga menara Marina Bay Sands. Sands Sky Park yang menjadi perhatian pada semua mata yang memandang. Taman gantung yang berstruktur baja dengan berat mencapai 7.000 ton ini terdiri dari 14 bagian yang diangkat menggunakan penggabungan sambungan jembatan dan teknologi gedung yang unik.




Marina Bay Sands merupakan resor bertaraf internasional yang di dalamnya menyediakan fasilitas hiburan, bisnis, dan perbelanjaan dalam satu tempat.

Integrasi fasilitas dalam satu bangunan ini tidak menjadikan Marina Bay Sands menjadi bangunan kaku dan terkesan keras. Saat berkesempatan melihat seluruh fasilitas di kawasan ini, nampak bahwa Moshe Safdie dan timnya benar-benar meng­imple­mentasikan gaya form follows function atau bentuk yang mengikuti fungsi yang menjadi salah satu ciri khas arsitektur modern.

Tidak berlebihan memang jika properti yang menghabiskan dana S$5,25 miliar ini diklaim sebagai tempat paling unik di dunia.





Safdie menerapkan begitu banyak gaya internasional di seluruh tempat Marina Bay Sands tanpa ada satu gaya pun yang sama. Namun, justru upaya Safdie membuat tempat ini seakan dapat menembus batas budaya dan geografis.


3 komentar:

  1. menakjubkan...gaya modern yang ditampilkan benar2 memukau mata melihatnya

    BalasHapus
  2. unik, keren. pko'e luar biasa. adakah tempat seperti ini di Indonesia atau paling tidak satu tingkat di bawahnya

    BalasHapus
  3. Adm: semoga saja para arsitek di negri ini melihat.
    Kemudian mengasah kemampuan untuk bisa seperti para disainer jiran itu.. ya nggak?

    BalasHapus

Jelajahi lebih dalam.!

Senyum | Unik | Mystery | Peristiwa | Spektakuler | Fenomena | Artikel | Alam