Di Bawah Tanah Yang Menakjubkan


Wilayah bersejarah Transylvania telah lama dikaitkan dengan vampir. Namun ada sesuatu di Transylvania sebelum  iblis penghisap darah melegenda, yaitu terdapat tambang garam yang terjadi  sejak zaman Romawi.
Salina Turda adalah contoh kuno dan menakjubkan dari tambang garam, sekarang menjadi museum dan pusat halotherapy - dengan sentuhan khas modern.






Sejak di buka kembali tahun 1992, menjadikan kawasan ini seperti taman dibawah dunia, kini menjadi sebuah museum bawah tanah dan pusat rekreasi yang dilengkapi dengan arena bola basket, lapangan golf mini, roda Ferris dan bahkan danau bawah tanah yang dapat Anda telusuri menggunakan perahu. Mulai dari pintu masuk menuju lokasi tambang hingga ke dasar kubah jaraknya 368 kaki (setara 112,16 meter) di bawah tanah. Anda yang menderita alergi dan penyakit asma harus mencoba fasilitas spa haloterapi yang disediakan di tempat ini karena menggunakan udara terionisasi, tekanan dan kelembaban di dalam gua yang berlapis garam untuk mengobati masalah pernapasan yang sering kali menyerang.
Tambang ini terbagi dalam beberapa tambang dalam tambang. Yang terdekat ke permukaan adalah Tambang Rudolf ( tahun 1868), yang dapat dicapai dengan tangga. Lebar Goa 50 meter dan panjang 80 meter.  Ada Salt stalaktit, yang tumbuh hingga tiga meter panjangnya terbentuk pada salah satu sisi gua yang luas ini.
Stopper adalah Tambang Terezia yang diciptakan dalam bentuk kerucut luas dan mencapai 120 meter ke tanah. Ini bagian dari tambang 1690 ketika pertama kali dieksploitasi pada skala yang benar-benar di peruntukan industri. Stopper ini lah banyak di minati pengunjung sebab ada area rekreasi,sebuah danau dan sebuah pulau di tengahnya. Pulau ini dibentuk oleh limbah garam yang dibuang di sana dari tahun 1880. sempat digunakan untuk penampungan penduduk setempat sa'at perang di tahun 39-45.


Namun, para perancang tambang  tidak ingin menghancurkan sejarah, mereka ingin membuat tanda  sendiri. Area rekreasi tambang sekarang tampak seperti sesuatu dari masa depan apalagi masa lalu.
Sejak tahun 1840-an ketika tambang besar dibuka di dekat Ocna Mures. Kualitas garam yang ditambang telah memburuk deposit garam sudah tercemar oleh tanah liat. Namun, itu tidak menghentikan beberapa pekerjaan besar terjadi dalam tambang - pada tahun 1853 balkon angkut (disebut Franz Joseph) hampir seribu meter digali untuk memfasilitasi transportasi garam ke permukaan.
Namun setelah Perang Dunia Pertama (1914-1918) berakhir, nasib tambang menurun sampai akhirnya tambang ditutup pada tahun 1932. Salah satu rumor mengatakan bahwa tenaga kerja budak digunakan di tambang tetapi tidak ada catatan sejarah untuk menunjukkan ini. Bahkan, pekerja dipekerjakan pada kontrak tahunan meskipun pekerjaan sulit dan mereka tidak dibayar.


Saat ini, dunia bawah tanah dari Salina Turda tidak lagi terdengar suara  gema dari buruh pekerja. Legenda, sejarah dan desain yang luar biasa menyatu, memberikan pengalaman khas dan tak terlupakan kepada pengunjung.
Lihat poto dan artikel di  sini

3 komentar:

  1. Wow keren banget,,, Ini sebuah maha karya :)

    BalasHapus
  2. Sama sekali tidak pernah membayangkan ada tempat buatan manusia seperti ini. Luar biasa banget.

    BalasHapus

Jelajahi lebih dalam.!

Senyum | Unik | Mystery | Peristiwa | Spektakuler | Fenomena | Artikel | Alam